Obat Alternatif Ketika Masuk Angin

Mengenai Masuk Angin

Masuk angin seringkali kita dengar dalam bahasa seharian kita untuk menyebutkan kondisi dimana tubuh kita sedang tidak enak badan, meriang, demam, pusing, pilek maupun indikasi lainnya. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Common Cold.Kenapa orang barat kurang mengenal istilah ini? ya terang aja… mereka punya 4 musim sehingga secara otomatis tubuh mereka memiliki daya adaptasi tersendiri terhadap perubahan suhu dingin yang ekstrim. Kalo di iklim tropis kayak Indonesia hanya punya dua musim yakni musim hujan dan kemarau, selain itu di iklim tropis perbedaan musim tersebut tidak terlalu signifikan. Terkadang musim kemarau ada juga hujannya dan sebaliknya musim hujan kadang nggak banyak hujannya. Secara otomatis perubahan suhu yang mendadak dari panas tiba-tiba hujan membuat tubuh kita kurang dapat merespon perubahan suhu tersebut.

Kondisi dingin akibat suhu dari air hujan yang turun atau cuaca dingin misalnya berangin2 diluar rumah atau dijalan membuat pembuluh darah kita menciut dan daya tahan tubuh kita melemah, akibatnya virus flu mudah banget menyerang kita. Meriang disebabkan oleh suhu yang terlalu dingin sedangkan tubuh kita tidak kuat meresponnya sehingga badan terasa ngilu dan menggigil.

Angin Duduk

Ada lagi istilah yang paling membahayakan yakni “Angin Duduk“, menurut saya angin duduk itu bukanlah mutlak Angina Pectoris seperti yang disebutkan oleh pakar2 kedokteran. Kalau yang pernah saya baca tentang Angina Pectoris, ini disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah jantung akibat asteroklorosis atau pengerasan nadi. Sedangkan Angin duduk yang tenar di Indonesia ini berasal dari lambung…ya artinya orang yang paling berisiko adalah orang yang mempunyai penyakit maag.

Orang yang memiliki penyakit maag lebih beresiko terkena angin duduk karena tingginya asam lambung dalam perutnya, asam lambung ini dapat membuat gas yang sifatnya menekan syaraf… dan perlu diketahui bahwa lambung kita memiliki syaraf dimana2 dan yang paling dekat adalah paru-paru dan jantung. Kondisi ini terjadi apabila kita telat makan, atau banyak terpapar angin sedangkan pada saat itu asam lambung kita sedang naik. Angin yang paling berbahaya adalah Angin Laut… oleh karenanya berhati2lah bagi yang sering melaut, sebaiknya jaga pola makan dan jangan sampai terkena maag yang akut. Ini disebabkan karena angin laut merupakan angin yang bertekanan tinggi dan terus menerus (bukan kayak angin sepoi2 yang kadang lewat sebentar aja). Pusar kita (Pusat) memiliki syaraf yang berdekatan dengan lambung, sehingga ia lebih mudah menerima perubahan suhu sehingga apabila suhunya dingin maka pusar kita akan merespon dingin tersebut dan menyebabkan asam lambung kita meningkat.

Konon katanya istilah Angin Duduk ini bermula karena banyak pemancing di laut yang mati mendadak karena serangan ini. Posisi mancingnya kan duduk, sedangkan angin laut kan kencang banget… sehingga suhu tubuh menjadi dingin dan pada saat itu pemancing yang memang sudah memiliki penyakit maag tanpa ia sadari lambungnya sedang mengeluarkan gas asam lambung mematikan yang menekan syaraf jantungnya secara mendadak. Nah dalam posisi duduk ini mempercepat penekanan gas asam lambung menuju jantung. Jadi dapat diartikan bahwa serangan angin duduk ini tidak harus dialami orang yang memiliki penyakit jantung sebelumnya.

Angin Ahmar

Asam lambung juga dapat menekan syaraf lainnya misalnya syaraf otak sehingga kita merasakan pusing atau sakit kepala bila kita telat makan. Yang paling berbahaya adalah apabila angin tersebut menekan saraf pusat sehingga dapat terjadi Stroke atau lebih dikenal dengan istilah Angin Ahmar.

Pencegahan dan PengobatanTernyata tidak mudah mengobati penyakit masuk angin ini bila seseorang sudah memiliki penyakit maag sebelumnya.. atau bisa dikatakan bahwa orang yang sering masuk angin sudah pasti terindikasi maag. Perlu diketahui bahwa penyakit maag bukan hanya nyeri lambung saja lho, masuk angin itu juga sudah gejala maag…

Untuk mencegahnya lakukan beberapa hal berikut :

1. Atur pola makan, terutama sarapan pagi dan makan siang.. jangan pernah telat lebih dari 1 jam, bila perlu buat jadwalnya. Bagi yang tidak biasa sarapan pagi (kan ada tuh orang yang kayak gini) sebaiknya dilanjutkan dan jangan pernah sarapan pagi dengan menu yang mengenyangkan cukup cemilan dan susu saja. Jangan biasakan habis makan langsung tidur atau berbaring, ini akan membuat asam lambung terbiasa naik sehabis makan.
2. Jagalah pusar anda, bila melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan bermotor tempelkan koyo dipusar anda. Fungsinya bukan untuk menghalau angin, tetapi agar pusar kita tidak dingin, ini ada kaitannya dengan meningkatnya asam lambung kita.
3. Minumlah minuman yang hangat sebelum dan sesudah makan, jangan biasakan minum air es.. ini juga bisa meningkatkan asam lambung dan lama2 bisa jadi maag, perlu dicatat bahwa penyakit maag bukan hanya disebabkan karena sering telat makan tetapi juga bisa karena faktor ini.
4. Puasa, inilah misteri kehebatan puasa.. kalo kita sering berpuasa maka asam lambung kita tetap terjaga. Artinya lambung kita jarang bekerja sehingga asam lambung yang dikeluarkan untuk memproses makanan juga jarang dikeluarkan berlebihan. Tapi ingat, kalo buka puasa jangan sampe terlalu kenyang karena itu sama saja.. dan jangan biasakan buka puasa minum yang terlalu dingin..penting ni..
5. Jangan pernah mengkonsumsi obat penggemuk badan yang sifatnya membuat nafsu makan menjadi berlebihan, kita boleh sering makan tapi sedikit2 saja jangan sampe kenyang. Itulah sebabnya kenapa orang yang gemuk dan suka ngemil gak pernah kena maag karena ngemil kan makannya nggak sampe kenyang meskipun sering.
6. Nah ini untuk yang cowok, jangan biasain onani … lha apa sangkut pautnya?? hehe ini karena onani dapat mengakibatkan pusar menjadi dingin karena syaraf2 yang digesek di alat vital dapat rusak dan akibatnya pusar jadi dingin. Nggak percaya? tendang aja biji kesayanganmu itu, coba rasain… yang paling sakit bijinya atau pusar? emang yang kita rasakan perut yang sakit, tapi sebenarnya itu pusar. Jadi ada kaitannya pusar dengan alat vital.

Untuk mengobati masuk angin dapat dilakukan beberapa cara berikut :

1. Obati penyakit maag yang mungkin anda derita, salah satu organ tubuh kita yang dapat diperbaiki adalah lambung.. bisa dimulai dengan mengatur pola makan yang sangat ketat bila perlu pake weker untuk mengingatkan. Sama kalo puasa, wekernya kan adzan subuh dan adzan maghrib.
2. Untuk masuk angin yang menjalar ke kepala, pijat dengan kuat daerah pertemuan antara ibu jari dan telunjuk ditangan kanan dan kiri, jangan biasakan memijat dibagian kepala. Kemudian urutlah pundak dan tengkuk, setelah itu minum air hangat.
3. Untuk masuk angin yang menyebabkan meriang dan flu (biasanya abis kehujanan dijalanan), rendamlah kaki dengan air hangat dan minum air hangat.
4. Untuk masuk angin yang menyebabkan mual muntah hingga demam, urutlah daerah seperti di point 2 diatas kemudian urut juga tulang belakang… bila ada daerah tertentu yang sakit ulangi terus daerah itu esok harinya sampai hilang. Setelah itu minum air hangat dan beristirahat yang cukup. Jangan lupa minum obat penurun panas misalnya paracetamol.
5. Untuk masuk angin akibat perjalanan jauh atau mabuk laut, minumlah wedang jahe yang panas… dan bila sudah parah paksakan muntahkan saja, bisa dengan mengurut bagian tengkuk. Selanjutnya kompress kepala dengan air dingin kemudian berbaring dan hiruplah minyak angin atau bau2an yang bersifat melegakan.
6. Untuk angin duduk, gejalanya dada terasa sesak dan tertekan kemudian keluar keringat dingin yang besar dan perut terasa sesak… segera berbaring, tarik nafas perlahan untuk mengurangi cemas dan sesak nafas, minum air hangat.. bawa segera ke dokter.
7. Kerokan boleh dilakukan tetapi jangan terlalu sering, biasakan pake urut atau pijat saja.
8. Cara lain adalah dengan “cabut angin”, nah ini yang paling nggak kusuka karena sangat sakit sekali. Caranya adalah dengan menggunakan sebatang korek api yang diolesi minyak urut kemudian letakkan diantara jari kaki di bagian tulang tengahnya (boleh dimulai dari antara jari telunjuk dan jari tengah… ingat, jari kaki ya?). Setelah itu tekan dengan kuat hingga terasa nyilu dan panas, metode ini dilakukan oleh orang lain dan jangan dipaksa bila sangat sakit sekali berhentilah sebentar.

Tidak harus mengkonsumsi obat jika Anda mengalami masuk angin. Sebagaimana dilansir dari Esquirer Indonesia, sebagai tambahan ada lima alternatif obat masuk angin. Ini dia:

Sup Ayam
Para peneliti dari Nebraska University menemukan bahwa sup berguna sebagai anti radang yang meredakan gejala masuk angin.

Bawang Putih
Mengandung senyawa allicin, yang terbukti punya fungsi antibakteri dan antijamur.

Jus Jeruk
Vitamin C merupakan antioksidan alami dan membantu tubuh melawan infeksi. Buah jeruk penuh dengan vitamin C, jadi cobalah minum jus saat masuk angin.

Teh Pappermint
Pappermint punya berbagai fungsi sebagai dekongestan, ekspektoran dan antivirus yang dapat meredakan nyeri tenggorokan dan melegakan batuk.

Jahe
Rempah dari akar ini sudah lama disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari mual dan artristis sampai infeksi saluran nafas atas.

About these ads
Categories: Artikel Kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.