3 Jenis Penyakit Jantung & Penjelasannya

Organ apa yang paling penting pada tubuh manusia? jawabannya pasti beragam karena setiap organ manusia mempunyai fungsi masing-masing. Nah, tapi ada organ yang mempunyai pengaruh dan urgen pada kehidupan manusia. organ tersebut adalah jantung. jantung merupakan pusat dimana darah diedarkan keseluruh tubuh. darah inilah yang membawa oksigen pada tubuh manusia. Untuk itu jantung sangat berpengaruh terhadap tubuh manusia.

Maka sepatutnya kita merawat dan menjaga jantung kita. salah satu cara ayang bisa kita lakukan adalah dengan mengenal jantung itu sendiri termasuk jenis penyakit yang bisa menyerang Jantung. Beberapa penyakit jantung yang perlu kita ketahui adalah:

  1. penyakit jantung koroner, penyakit ini disebabkan adanya gangguan pada pembukluh darah. tepatnya pembuluh arteri sehingga menghambat peredaran ogsigen dan nutrisi kejantung.
  2. stroke, disebabkan karena kuranngya pasokan oksigen atau terhambatnya aliran oksigen ke otak.
  3. gagal jantung, gejala penyakit ini adalah adanya detak jantung tidak normal atau bahkan tidak berdetak. penyakit ini sangat berbahaya.
  4. pericarditis, radang ayng mengitari lapisan jantung yang diakibatkan karena infeksi.
  5. irama jantung abnormal, jantung normalnya berdetak 60/100 permenit. jika diabwah itu berarti anda menderita irama jantung abnormal.
  6. heart Valve Disease, penyakit ini disebabkan rusaknya katup jantung. fungsi katup adalah mengatur jalan keluarnya darah.
  7. cardiomyopathies, menyerang otot jantung, yaitu adanya gejala menebal atau menipisnya otot jantung. jika terinfeksi maka akan membuat oto jantung lemah, sehingga dara tidak bisa memompa dengan normal.
  8. congenitas Heart dsease, penyakit ini hanya menyerang pada anak kecil. indikasinya bisa dilihat ketika masih kecil atau pada waktu lahir.

Jika anda ingin lebih jelas mengetahui jantung dan segala macam gangguannya silakan lihat gambar di bawah ini dan penjelasannya.

Jenis Penyakit JantungPenyakit yang berkaitan erat dengan masalah pembuluh darah ini merupakan penyakit yang sangat menakutkan karena penyakit jantung terrmasuk penyebab utama kematian di negara maju, bahkan saat ini di indonesia penyakit jantung  menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian.
Penyakit jantung dan masalah pembuluh darah sering dianggap sebagai penyakit monopoli orang tua. Dahulu memang penyakit tersebut diderita oleh orang tua terutama yang berusia 60 tahun keatas, karena usia juga merupakan salah satu faktor resiko terkena penyakit jantung dan stroke

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner ditandai dengan adanya endapan lemak (ateroma atau plak) yang berkumpul di dalam sel dan melapisi dinding arteri koroner (pembuluh koroner) yang secara bertahap penumpukan lemak ini akan menyebar hingga pada bagian percabangan dua arteri utama.
Jantung Koroner
Terjadinya proses pembentukan ateroma (aterosklerosis) yang terus membesar akan berpotensi memecah ateroma hingga beberapa bagian dan sebagian dari  pecahan ateroma tersebut biasanya akan masuk kedalam aliran darah dan membentuk bekuan-bekuan darah atau gumpalan darah yang nantinya akan mempersempit pembuluh darah arteri dan menyumbat aliran darah menuju jantung
Jika penyumbatan arteri koroner semakin memburuk maka akan mengakibatkan terjadinya iskemi (berkurangnya pasokan darah) pada otot jantung dan  menyebabkan kerusakan pada sel-sel jantung. Sehingga menyebabkan angina (nyeri dada) dan serangan jantung (infar miokardial)

Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung adalah suatu keadaan serius, dimana jumlah darah yang dipompa oleh jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung) tidak mampu memenuhi kebutuhan normal tubuh akan oksigen dan zat zat makanan.
Gagal Jantung
Dengan kata lain adalah berhentinya sirkulasi normal darah yang disebabkan karena adanya kegagalan dari ventrikel jantung untuk kontraksi secara efektif pada saat systole akan menghentikan .
Akibat kekurangan penyediaan darah, menyebabkan kematian sel dari kekurangan oksigen. Cerebral hypoxia atau kekurangan penyediaan oksigen ke otak menyebabkan korban kehilangan kesadaran dan berhenti bernafas dengan tiba-tiba
Gagal jantung adalah kondisi gawat medis yang bila tidak ditangani dengan segera akan menyebabkan kematian dalam waktu beberapa menit. Pertolongan pertama untuk orang yang terkena gagal jantung adalah cardiopulmonary resscitation. Kadang orang salah mengartikan gagal jantung sebagai berhentinya jantung, karena sebenarnya istilah gagal jantung menunjukka berkurangnya kemampuan jantung untuk mempertahankan beban kerjanya

Penyakit Serangan Jantung

Serangan jantung (infark miokardial) adalah suatu keadaan dimana secara tiba-tiba terjadi pembatasan atau pemutusan aliran darah ke jantung, yang menyebabkan otot jantung (miokardium) mati karena kekurangan oksigen.
Serangan Jantung

Kebanyakan serangan jantung terjadi karena penyempitan pembuluh arteri yang berlangsung selama bertahun-tahun, ini bisa disebakan karena timbunan lemak pada dinding arteri / urat nadi, beberapa faktor yang menyebabkan pembentukan timbunan lemak tersebut antara lain adalah merokok, tekanan darah tinggi, diet yang tidak benar, kurang olah raga, obesitas/kegemukan dan lain-lain.
Di Inggris, pada usia antara 30-69 tahun, terdapat 6 dari 1000 orang laki-laki terkena penyakit serangan jantung setiap tahun, sedangkan untuk wanita lebih rendah yaitu 2 dari 100 orang. Pria mempunyai kemungkinan tiga kali lebih besar dari wanita. Setengah dari penderitanya kemudian terkena komplikasi serius lalu meninggal akibat gagal jantung (cardiac arrest) secara penuh karena jantung secara  total berhenti bekerja dalam 3 sampai 4 jam setelah serangan jantung tersebut.

Categories: Artikel Kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s