Mendeteksi Dini Kanker Payudara

 

Kanker payudara merupakan penyakit yang berbahaya sehingga menjadikannya sebagai penyakit nomor 2 penyabab kematian perempuan di seluruh dunia setelah kanker serviks. Menurut data dari Rumah Sakit Kanker Dharmais (2009) terdapat 126 kasus kanker payudara dari tiap 100.000 populasi wanita.

Lakukanlah SADARI (Pemeriksaan payudara sendiri) sebagai salah satu bentuk deteksi dini kanker payudara yaitu:

  • Perhatikan payudara dengan posisi kedua tangan di atas kepala kemudian kedua tangan di pinggang.
  • Angkat tangan kiri ke atas kepala.
  • Gunakan permukaan jari yang rata untuk meraba atau menekan payudara serta pastikan untuk menyentuh seluruh bagian payudara. Pola yang digunakan bisa dengan gerakan arah memutar, gerakan arah naik dan turun atau arah keluar dan masuk area putting. Usahakan menggunakan gerakan yang sama setiap bulannya.
  • Menekan setiap putting dengan lembut dan memperhatikan apakah ada cairan yang keluar.
  • Memeriksa daerah antara payudara dan ketiak serta payudara dan tulang dada sambil berbaring.
  • Mengulangi semua langkah tersebut untuk payudara yang sebelah kanan.

Itulah sejumlah tips untuk mengurangi resiko kanker payudara, dengan tetap menjaga pola hidup yang sehat serta mengetahui deteksi lebih awal 4 gejala kanker payudara kita dapat mencegah dan juga melakukan pengobatan terhadap penyakit kanker payudara dari sekarang.

Selain dengan melakukan sejumlah tips diatas, untuk pengobatan dan pencegahan penyakit kanker payudara bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi obat herbal kanker payudara misalnya jus kulit manggis.

Deteksi Lebih Awal 4 Gejala Kanker Payudara

Sebenarnya, pengidap kanker payudara bisa sembuh. Risiko kematian pun bisa diminimalisir, jika kanker tersebut terdeteksi lebih cepat. Untuk itu sebagai wanita Anda harus mengetahui gejala-gejala kanker payudara. Segera periksakan diri ke dokter yang tepat jika Anda menemui gejala seperti berikut ini :

1. Benjolan di payudara

Jangan menyepelekan benjolan yang terdapat di payudara sekecil apapun itu. Umumnya, benjolan tidak terasa sakit dan ukurannya hanya sebesar kacang tanah. Tetapi, jika benjolan tersebut merupakan kanker lama-kelamaan ukurannya akan membesar. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara teratur. Jika ada benjolan yang mencurigakan segera periksa ke dokter. 2. Perubahan bentuk dan warna pada puting

Jika ada perubahan bentuk atau warna pada puting susu, Anda juga harus lebih waspada. Biasanya pada pasien kanker payudara puting tertarik ke dalam (retraksi), berwarna merah atau kecoklatan. Keadaan kulit pun mengkerut seperti kulit jeruk.

2. Keluar darah dari puting

Salah satu gejala kanker payudara adalah keluarnya darah dari puting. Warnanya pun tidak selalu merah bisa juga agak kecoklatan. Untuk itu jika puting mengeluarkan cairan berwarna, segeralah konsultasi ke dokter.

3. Pembesaran kelenjar getah bening

Pembesaran atau pembangkakan kelenjar getah bening juga salah satu gejala kanker payudara. Jika Anda menemui pembesaran getah bening di ketiak, bengkak pada lengan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Ingatlah bahwa Anda yang paling tahu keadaan tubuh Anda. Jika ada perubahan yang mencurigakan dalam tubuh anda jangan tunda waktu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Penanganan yang lebih cepat bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker payudara.

Ada berbagai macam alasan untuk kita menyadari betapa pentingnya arti sebuah kesehatan. Sayangi diri anda dari sekarang, dengan adanya deteksi lebih Awal 4 gejala kanker payudara setidaknya dapat membantu anda untuk mengetahui adanya penyakit kanker payudara dalam diri anda.

Berbagai macam pengobatan dapat kita lakukan untuk langkah pencegahan maupun pengobatan kanker payudara, ada pengobatan secara medis maupun pengobatan secara alami dengan obat hebal kanker payudara. Nah, sekarang giliran anda yang menentukan. Memilih pengobatan medis dengan menghabiskan pengobatan yang cukup mahal atau dengan obat herbal kanker payudara yang alami dan tenpa efek samping juga harganya yang relatif murah.

sumber

 

Advertisements
Categories: Tips Kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s