Mengenal Jenis-Jenis Vitamin

Menjaga vitalitas dan kesehatan tubuh, itulah fungsi utama dari vitamin. Karbohidrat, mineral dan lain – lain membutuhkan vitamin sebagai pelengkap dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Fungsi lain vitamin yang tak kalah penting yaitu, menjaga kebugaran tubuh, menghambat proses penuaan, dan juga berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. Jadi, konsumsi la vitamin dengan cukup dan juga atur pola hidup sehat agar kamu bisa awet muda.

Ada lagi fungsi vitamin yang khusus untuk remaja dan anak2, yaitu untuk proses pertumbuhan dan kekebalan tubuh. Jadi, vitamin sudah termasuk sebagai salah satu zat yang penting bagi tubuh kita. Bahkan, vitamin tidak hanya diperlukan oleh manusia saja, hewan juga memerlukan vitamin untuk tubuh mereka.

Apa saja manfaat vitamin?

Ada banyak macam manfaat vitamin dari makanan yang kita makan. Setiap vitamin memiliki fungsi masing-masing yang tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti halnya vitamin yang memperkuat kekebalan tubuh, menghilangkan rasa capek, menjaga agar tubuh tetap sehat, dll

Yang di bawah ini adalah contoh vitamin yang sudah kita kenal beserta fungsinya :

 

  1. Vitamin A. Vitamin ini juga disebut sebagi Retinol.Fungsi dari vitamin A adalah : menjaga lapisan mukosa dalam tubuh, menjaga penglihatan, dan mencegah hingga memulihkan penyakit rabun.
  2. Vitamin B. Fungsi dari vitamin B adalah memperlancar pertumbuhan anak – anak, mencegah virus, memperkuat tulang dan gigi, lalu juga meningkatkan kekebalan tubuh.Vitamin B juga berperan dalam mencegah penyakit beri – beri.
    Vitamin B1  :  Vitamin yang penting untuk metabolisme karbohidrat, mengobati penyakit beri-beri, keadaan yang menyebabkan peningkatan kebutuhan akan vitamin B1, misalnya selama kehamilan. Sumber vitamin B1: sayur-sayuran, kacang-kacangan susu, kuning telur, kentang, Jika tubuh kurang vitamin B1menyebabkan berkurangnya kemampuan fisik maupun psikis, tak ada nafsu makan, bobot badan berkurang, gangguan fungsi lambung dan usus.- Vitamin B2  :  Vitamin yang penting untuk pencegahan defisiensi vitamin B2 yang sering menyertai pelagra atau defisiensi vitamin B lainnya, Sumber vitamin B2 : ragi, padi-padian, telur, berbagai sayuran, polong-polongan, susu, keju, dan sebagian disintesis oleh bakteri usus, Gejala kekurangan vitamin B2 jarang terjadi pada manusia. Biasanya vitamin B2 yang didapat bersama makanan dan yang disintesis oleh bakteri usus sudah mencukupi, Defisiensi biasanya timbul setelah diare kronis atau setelah terapi jangka panjang dengan antibiotika atau sulfonamida.

    Vitamin B6  :  Vitamin B6 dosis tinggi digunakan untuk kerusakan akibat penyinaran, neuritis setelah terapi isoniazid atau sikloserin, Sumber vitamin B6 : ragi, padi-padian, sayuran hijau, otak, kuning telur, hati, dan susu, Kekurangan vitamin B6 jarang terjadi pada manusia.

    Vitamin B12  :  Vitamin yang penting untuk pembentukan sel (termasuk sel darah merah) dan memelihara sel saraf, Sumber vitamin B12 : daging, susu, ikan, unggas (ayam).

  3. Vitamin C. Vitamin C sering dikenal dengan nama asid askorbik.Fungsi dari vitamin C yaitu memperkuat tulang dan gigi, sebagai pembentuk dan pengekal kalogen, menjadi antioksidan yang sangat baik, dan juga untuk sebagai pembentuk dan pengekal kolagen.
  4. Vitamin D. Fungsi vitamin D yang paling utama adalah sebagai penghancur dan pembunuh segala macam virus maupun bakteri yang merugikan tubuh.Fungsi lain dari vitamin D yaitu untuk memberikan kekuatan terhadap tubuh dari serangan penyakit.Vitamin D juga sangat penting untuk memperlancar proses pertumbuhan tulang dan gigi serta menjaganya dari kerapuhan
  5. Vitamin E :  Vitamin yang penting untuk mencegah terjadinya hemolisis sel-sel darah merah dan anemia, Sumber vitamin E : sayuran hijau, kacang-kacangan, Jika tubuh kurang vitamin E dapat terjadi hemolisis sel darah merah.
  6. Vitamin K :  Vitamin K dalam tubuh akan mempengaruhi sistem enzim yang mensintesa faktor pembekuan darah, Sumber terbesar vitamin K berasal dari sayur-sayuran hijau seperti kangkung dan lobak, brooli, taoge, bayam, dan kembang kol, Jika tubuh kurang vitamin dapat menyebabkan darah sukar membeku.

(berbagaisumber)

Advertisements
Categories: Artikel Kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s