Mau Tidur Nyenyak? Coba Makanan Ini.

Apa yang Anda santap pada malam hari ternyata akan memberi pengaruh cukup besar pada kualitas tidur. Anda sebenarnya dapat dengan mudah memperoleh istirahat yang lebih baik dengan hanya membuat sejumlah perubahan dan menambahkan beberapa jenis makanan tertentu yang membantu tidur.

Satu hal yang perlu diingat, Anda tidak perlu menyantap jenis makanan ini sesaat sebelum tidur. Sebab, hal ini justru akan membuat Anda terjaga akibat peningkatan aliran darah ke sistem pencernaan.

Konsumsilah makanan ini satu atau dua jam sebelum Anda beranjak ke tempat tidur. Hal ini akan memberi kesempatan bagi proses pencernaan sehingga efek atau khasiat makanan ini akan terasa.

Berikut ini lima jenis makanan yang membantu Anda tidur lebih nyenyak:

1. Keju cottage

Keju jenis ini adalah sumber protein paling sempurna bagi Anda sebelum tidur. Keju ini mengandung protein kasein yang diserap secara perlahan oleh tubuh. Kasein akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot selama beberapa jam setelah dikonsumsi.

Selain itu, keju membantu Anda tidur nyenyak karena mengandung asam amino triptofan, yang secara alami akan diubah tubuh menjadi dua jenis hormon yang membantu tidur, yakni melatonin dan serotonin.

2. “Oatmeal”

Meskipun kebanyakan orang mengira oatmeal adalah menu untuk sarapan, makanan ini juga berguna di malam hari. Pasalnya, karbohidrat dalam oatmeal memicu pelepasan serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang membuat kita nyaman, menurunkan stres, dan menjadikan pikiran lebih tenang.

Karena oatmeal juga dicerna lebih lambat, pemilihan makanan ini tentu sangat tepat. Anda tidak perlu khawatir akan terbangun di malam hari akibat kadar gula darah Anda melonjak.

Tambahkan apel pada menu oatmeal dengan sedikit kayu manis. Anda juga dapat menyajikannya bersama susu skim.

3. Kacang atau selai kacang

Makanan lain yang perlu Anda pertimbangkan untuk memperbaiki kualitas tidur adalah kacang atau selai kacang alami. Kacang adalah sumber alami niasin, nutrien yang juga dapat membantu pelapasan serotonin dalam tubuh.   Kedua jenis makanan ini memang mengandung lemak dan kalori yang sedikit lebih tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus bijak mengatur porsinya. Dengan mengonsumsinya secara moderat, kedua jenis makanan ini dapat membantu keberhasilan Anda dalam pengaturan diet.

Untuk mendapat hasil terbaik, sajikan selai kacang dengan roti gandum utuh.

4. Susu hangat

Minuman yang satu ini memang sudah legendaris dalam membantu Anda supaya cepat tidur. Alasan di balik manfaatnya adalah kandungan triptofan. Bagi kebanyakan orang, menyajikannya dalam bentuk minuman hangat akan membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

Selain itu, susu juga  mengandung kalsium yang akan membantu otak mengatur produksi hormon melatonin, yang secara alami berfungsi mengatur siklus tidur Anda setiap hari.

Tambahkan madu alami jika Anda lebih suka rasa manis dan itu pun akan menambah karbohidrat untuk membantu pelepasan serotonin.

5. Anggur

Nah, makanan terakhir yang perlu Anda pertimbangkan dalam memperbaiki tidur adalah anggur. Buah ini adalah satu-satunya yang mengandung hormon melatonin. Oleh sebab itu, dengan menambahkan buah ini secara teratur pada menu santapan Anda, upaya tubuh untuk membentuk siklus tidur-bangun secara alami akan terbantu. Alhasil, Anda pun akan bisa tidur lebih cepat dan nyenyak setiap malam.

Cara menyajikannya, Anda dapat mencampur potongan anggur dalam semangkuk yoghurt. Menu ini akan menjadi camilan sempurna sebelum tidur.

source

Categories: Artikel Kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s