Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjalAda beberapa macam penyakit yang ada pada organ vital pada tubuh manusia. Jenis-jenis penyakit yang ada pada ginjal adalah sebagai berikut :

  • Penyakit ginjal akut : Ini terjadi karena hilangnya fungsi ginjal secara mendadak yang mengakibatkan hilangnya kemampuan ginjal mempertahankan homeostasis tubuh. Ditandai peningkatan kreatinin darah 0,5 mg/dl per hari dan peningkatan ureum 10 – 20 mg/dl per hari.
  • Penyakit ginjal kronik : Ini terjadi karena tidak berjalan dengan sempurna fungsi dari ginjal tersebut.Penyakit lain yang bisa menghinggapi penderita penyakit ginjal kronik yaitu hipertensi,penyakit gagal ginjal,anemia,kolesterol,jantung,stroke,penyakit sistem syaraf (neuropati)
  • Penyakit pada ginjal yang sering terjadi adalah Penyakit gagal ginjal disebabkan tidak maksimalnya penangana penyakit ginjal akut dan ginjal kronik

Penyakit ginjal termasuk penyakit yang susah di indikasi dengan mata. Banyak gejala penyakit ginjal yang timbul atau dirasakan oleh seseorang yang terkena penyakit ginjal tetapi ada juga gejala penyakit ginjal yang menyerupai penyakit lain.

Dibawah ini beberapa gejala penyakit ginjal pada manusia :

  • Perubahan dalam buang air kecil (kencing) dan warna urine : sering buang air kecil pada malam hari, urine yang di keluarkan berbusa dan berbuih,urin yang di keluarakan lebih banyak dari biasa serta berwarna pucat.
  • Tubuh mengalami pembengkakan : akibat toksin yang gagal di keluarkan oleh tubuh maka dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki,pergelangan kaki,tangan bahkan wajah. Dalam beberapa kasus penderita mengalami kerontokan rambut. Penyakit ini di kenal dengan penyakit gagal ginjal
  • Tubuh terasa cepat lelah atau kelelahan : hal ini bisa di sebabkan ginjal memproduksi hormon erythropoietin yang berfungsi membuat oksigen dan membawa sel darah merah di produksi dalam jumlah sedikit sehingga pasokan oksigen ke otot dan otak tubuh terbatas sehingga mudah lelah.Kondisi seperti ini disebut juga anemia.
  • Bau mulut atau ammonia breath:di sebabakan penumpukan limbah dalam darah (di sebut uremia). Karena terjadi gagal ginjal maka menyebabkan tidak enak dalam makanan serta bau mulut yang busuk.
  • Rasa mual dan ingin muntah : Pada kondisi ini disebabkan oleh gejala di atas yaitu uremia.

Untuk mengatasi dan mencegah penyakit ginjal dapat dilakukan beberapa cara seperti yang di tulis di bawah :

  • Cara mencegah penyakit ginjal dengan Olah Raga : Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Yang dianjurkan di sini adalah olah raga yang tidak berat tapi teratur. Biar oleh raga ringan tapi teratur akan lebih baik dari pada olah raga berat tapi tidak teratur. Misalnya anda bisa jalan santai setiap pagi atau bersepeda 1-2 jam setiap minggu.
  • Cara mencegah penyakit ginjal dengan berhenti Merokok : Merokok dipandang dari sudut manapun akan merugikan anda. Karena di dalam setiap rokok terkandung nikotin yang dalam jangka waktu panjang akan merusak organ-organ yang penting di dalam tubuh anda seperti paru-paru, kulit, jantung maupun ginjal. Bukankah sudah ada Peringatan Pemerintah dalam setiap kemasannya : Merokok dapat Menyebabkan Kanker, serangan Jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.
  • Cara mencegah penyakit ginjal dengan mengurangi Makanan Berlemak : Makan berlemak akan meyebabkan kandungan kolesterol dalam darah anda akan meningkat. Hindarilah.
  • Cara mencegah penyakit ginjal dengan mengkontrol Berat Badan : Setiap saat kontrol berat badan anda sehingga anda dapat terhindar dari obesitas.
  • Cara mencegah penyakit ginjal dengan mengkonsumsi Air Putih : Mengkonsumsi air putih yang cukup, menghindari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, menghindari konsumsi obat-obat secara sembarangan ( tanpa rsep dokter ) merupakan cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengurangi potensi penyakit ginjal.
  • Cara mencegah penyakit ginjal dengan melakukan General Checkup : Gagal ginjal dapat dicegah dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ( medical checkup ), termasuk memeriksa darah dan urin. Misalnya anda rutin memeriksa gangguan ginjal seperti kencing batu dan prostat, dapat mencegah munculnya gagal ginjal.

source

Categories: Artikel Kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s