Perut Sakit Setelah Makan?

Cara Mengobati Gas PerutBeberapa orang terkadang mengalami perut yang sakit setelah makan, hal ini tentu saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Tapi kenapa perut bisa sakit setelah makan?

Seperti dikutip dari Livestrong, sakit perut ringan yang timbul setelah makan kemungkinan akibat terlalu banyak makan atau kelebihan pembentukan gas di dalam perut. Namun jika sakit perutnya parah dan sering berulang, kemungkinan menunjukkan adanya kondisi yang lebih serius.

Jika seseorang makan terlalu banyak, dalam arti kuantitas makanannya lebih besar daripada yang bisa dicerna tubuh, maka akan membuat seseorang merasa mengantuk dan lelah. Kondisi ini membuat seseorang lebih suka duduk atau tidur, hal inilah yang biasanya menyebabkan nyeri perut setelah makan.

Makan terlalu banyak terutama yang tidak sehat dan tidur setelah makan bisa mengganggu proses pencernaan yang dapat mengarah ke berbagai masalah terutama di sistem pencernaan.

Selain akibat terlalu banyak makan atau gas yang berlebihan, ada juga beberapa penyebab perut sakit setelah makan, terutama jika sakitnya parah dan sering berulang, yaitu:

  1. Sakit yang terjadi secara intensif di bagian bawah sebelah kanan perut, hal ini kemungkinan disebabkan oeh usus buntu. Terutama jika diikuti oleh mual, muntah atau demam ringan.
  2. Terdapat batu empedu, jika terjadi nyeri perut di bagian kanan atas perut. Nyeri ini bisa menyebar ke punggung atas kanan, bahu kanan atau dada.
  3. Disebabkan oleh pankreatitis, jika terjadi sakit perut yang parah di bagian atas perut yang terjadi setelah 6-12 jam mengonsumsi makanan berat. Nyeri ini dimulai pada perut bagian atas dan menyebar ke samping dan belakang yang mungkin diikuti oleh mual, denyut jantung meningkat atau demam.
  4. Jika terjadi nyeri perut yang ekstrim setelah makan, ada kemungkinan akibat radang panggul, serangan jantung, adanya ulkus di lambung atau keracunan makanan.

Jika disebabkan oleh kebanyakan makan, maka cobalah untuk mencegah makan berlebihan terutama jika perut sudah kosong dalam jangka waktu lama. Merencanakan makan adalah sesuatu yang penting dan untuk memastikan bahwa kuantitas dari makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, tapi menghindari minum air yang banyak setelah makan.

Hal ini karena jika seseorang mengonsumsi terlalu banyak cairan baik itu air putih, jus atau apapun yang dapat mencairkan asam lambung dalam tubuh akan membuat makanan sulit untuk dicerna. Karena dibutuhkan konsentrasi asam lambung yang tepat untuk membantu membunuh bakteri dan jamur jahat serta menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

source

Categories: Tips Kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s