Dental Material

1. Dental resin
Syarat-syarat yang diperlukan : Bahan-bahan ini harus mempunyai sifat transparan dan dapat diwarnai agar dapat meniru jaringan mulut, tidak berubah warna di dalam maupun diluar mulut, harus stabil dimensinya dalalam segala kondisi,mempunyai kekuatan ( resilience ) dan tahan terhadap abrasi dalam penggunaan yang normal, tidak dapat menyerap cairan mulut sehingga tetap bersih atau tidak menjadi berbau, harus dapat dibersihkan dengan mudah, tidak  berasa, tidak berbau, non toxic dan tidak mengiritasi jaringan, tidak dapat larut dalam cairan mulut, harus ringan dan relative Thermal conductivity yang tinggi, temperatur yang tertinggi dari makanan dan minuman,harus dapat di reparasi,mudah di manipulasikan dengan alat-alat sederhana.
2. Dental Cement
Pada umumnya dental cement dipakai untuk 2 tujuan utama yaitu sebagai bahan tambalan/restorasi dan juga sebagai bahan perekat tambalan atau pesawat-pesawat yang fixed didalam mulut. Adapun guna dari dental cement itu sendiri adalah sebagai bahan perekat untuk melekatkan inlay, crown, band-band ortho, dll dan juga sebagi insulator terhadap thermalshock dibawah restorasi logam, sebagai bahan tambalan temporer dan kadang-kadang permanen untuk tambalan gigi decidui, sebagai bahan pengisian saluran akar, serta sebagi bahan pulp caping.
3. Dental porcelain
Dental porcelain terdiri dari powder ceramic yang diwarnai dan air yang dicampurkan membentuk pasta yang dapat dibentuk sesuai yang diinginkan kemudian dibakar padatemperature yang tinggi. Dental porcelain ada 2 macam yaitu untuk membuat gigi tiruan (dipabrik) dan untuk membuat crown atau inlay. Kedua macam ini sama dalam komposisi, kimiawi dan teknik untuk memanipulasikannya.

4. Metallurgy
Metal merupakan element khemis yang sering lebih untuk mengkarakteristikkannya dari pada elemen yang lain. Biasanya pada keadaan normal metal merupakan benda padat, kecuali Hg (mercury) dan kemungkinan juga gallium yang berbentuk liquid. Hydrogen juga merupakan gas pada temperature kamar yang normal. Logam mempunyai sifat khas yang sulit dimiliki oleh substansi lain yakni bilamana di polis menunujukkan permukaan yang berkilat. Secara umum metal yang baku lebih keras, lebih kuat dan lebih padat dari pada elemen-elemen yang lain. Metal mempunyai karakteristik yang lain yaitu mereka merupakan thermal dan electrical konduktor yang baik. Dalam hal ini definisi yang baik untuk suatu logam bila dipandang dari sudut khemis bukan dari sudut fisisnya yaitu setiap elemen khemis yang berionisasi positif di dalam larutannya disebut dengan logam.

Metallurgy terbagi 2 yaitu wrought metal ( logam tempa ) dan dental amalgam. Logam tempa adalah logam yang dalam memanipulasikannya harus dipanaskan terlebih dahulu diatas titik cairnya dan kemudian dibiarkan membeku. Sedangkan dental amalgam adalah bahan restorasi gigi, amalgam merupakan bahan yang paling banyak dipakai. Amalgam merupakan suatu tipe alloy dengan salah satu komponennya adalah mercury ( Hg ). Dan walaupun amalgam merupakan liquid pada temperature kamar tetapi dapat dijadikan alloy dengan metal lain dalam keadaan solid. Proses ini disebut dengan amalgasi ( tion ).

5. Bahan abrasive/polishing
Bahan abrasive/polishing merupakan suatu bahan untuk meratakan, menghaluskan dan mengkilapkan. Berbagai macam bahan abrasive dipergunakan di kedokteran gigi, diantaranya adalah emery yang merupakan suatu aluminium oxide alam yang sering disebut corundum, aluminium oxide adalah bahan abrasive murni dari berbentuk emery, garnet dibentuk dari sejumlah mineral digunakan pada polishing gigi, pumice berupa bubuk abrasive kedokteran gigi atau bahan polish untuk conservative, zirconium silicate merupakan bahan yang digunakan sebagai bahan polish konservatif, diatomaceous earth merupakan bahan abrasive dan polishing tetapi juga sebagai filer pada beberapa bahan kedokteran gigi, tripolis merupakan bahan yang dipaki untuk polish ringan, rouge yang merupakan bahan berbentuk  padatan yang mempunyai komposisi iron oxide,iron oxide ini dipergunakan sebagai bahan polish untuk gigi dan restorasi metal dalam mulut, sand adalah pasir dan bentuk lain dari quartz, carbides terdiri dari silicon carbides dan boron carbides, serta diamond yang paling keras dan sangat efektif untuk enamel gigi.

Sifat mekanis
Sifat mekanis dibatasi oleh hokum-hukum mekanika, yaitu ilmu fisika yang berhubungan dengan tekanan dan energy serta efeknya pada benda. Sifat mekanis lebih berkisar pada keadaan stabil, keadaan istirahat, bukan benda dinamis yang bergerak. Suatu kategori sifat fisik adalah kelompok sifat mekanis yang paling sering dinyatakan dalam unit tekanan dan tegangan. Unit-unit tersebut mewakili pengukuran yang merupakan perubahan bentuk elastisik atau reversible yaitu batas keseimbangan, daya lenting,dan modulus elastisitas.

Sifat biologi
Berdasarkan pada kriteria ini, persyaratan untuk sifat biokompabilitas bahan-bahan kedokteran gigi mencakup hal berikut yaitu bahan tersebut tidak boleh membahayakan pulpa dan jaringan lunak, bahan tersebut tidak boleh mengandung substansi toxic yang larut dalam air, yang dapat dilepaskan dan diserap kedalam system sirkulasi sehingga menyebabkan respons toxic sistemik, bahan tersebut harus bebas dari bahan berpotensi menimbulkan sensitivitas yang dapat menyebabkan suatu respon alergi, bahan tersebut juga tidak boleh memilki potensi karsinogen.
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s