Ortodonti

Ortodonti adalah spesialisasi di bidang kedokteran gigi. Para spesialis ortodonti ini bekerja pada perawatan terhadap gigitan yang tidak tepat serta penyimpangan gigi. Kondisi ini terkadang menyebabkan hubungan yang tidak proporsional pada rahang, nyeri, gigitan cacat dan lapisan email yang jelek.

Seorang spesialis ortodonsi adalah seorang dokter gigi yang telah menyelesaikan pekerjaan pasca-sarjana di bidang ortodonsi. Jauh sebelumnya, pada awal spesialisasi ini di tahun 1900-an, orang-orang telah mencoba untuk meluruskan gigi baik untuk tujuan kosmetik maupun fungsional. Lebih dari seratus tahun terakhir teknik-teknik ini terus dimurnikan dan disempurnakan. Walaupun orang-orang yang menjalani pengobatan berpotensi memiliki peralatan pengobatan yang menonjol di mulut, namun kebanyakan modalitas pengobatan saat ini menggunakan kawat yang tetap berada di dalam mulut dan tidak akan terlihat kecuali ketika berbicara atau tersenyum.

Perawatan ortodonti sering dilakukan pada anak-anak, namun sebagian orang dewasa juga berpendapat bahwa meluruskan gigi dapat meningkatkan harga diri, mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman di mulut dan memperbaiki cara mereka mengunyah makanan.

Pada anak-anak, ortodonti juga dapat membantu membentuk pertumbuhan dan perkembangan tulang wajah. Hal ini sering terjadi ketika gigitan fungsional berkembang dan tulang-tulang wajah terbentuk pada struktur ‘normal’. Salah satu penyebabnya yang paling umum adalah crowded teeth (gigi tidak tumbuh beraturan dan berjejal). Crowded teeth dapat menyebabkan ujung gigi masuk kedalam atau keluar sehingga membuat sulit untuk mengunyah dan lapisan email gigi berada di daerah yang salah. Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang dan meningkatkan potensi hilangnya gigi ketika sang anak tumbuh menjadi dewasa. Crowded teeth juga dapat menyebabkan beberapa gigi menjadi berputar sehingga membuat ruang untuk untuk gigi taring atau gigi yang lainnya, yang terletak di sudut rahang atas dan rahang bawah menjadi di atas garis gusi.

Kawat gigi memiliki berbagai bentuk tergantung pada tujuan pengobatan dan penyebab memakai penahan ini. Dokter gigi sering memberikan penahan yang tetap pada setiap gigi dan memiliki kawat. Kawat ini terbuat dari stainless steel atau bahan keramik. Setiap empat sampai enam minggu ortodontis akan mengubah kawat ini dan ketegangannya pada gigi secara bertahap.

Telah ada perhatian media pada penahan gigi berwarna jernih untuk meluruskan gigi. Jenis penahan ini tidak efektif karena mereka tidak bisa mengerahkan banyak tekanan pada gigi untuk memudahkan gerakan. Penahan ini hanya bekerja dengan baik untuk orang dewasa yang giginya tidak memerlukan banyak gerakan atau untuk alasan kosmetik.

Untuk anak-anak yang lebih kecil, ortodontis mungkin menempatkan ekspander atau penahan untuk menjaga gigi tetap berada di posisinya selama fase pertumbuhan dan sebelum kawat gigi penuh terpasang. Ini mengurangi lama waktu diperlukan untuk memakai kawat dan mengurangi baik ketidaknyamanan pada anak dan juga biaya pada orangtua.

Setelah pengobatan aktif penuh, pasien sering memakai penahan gigi untuk mempertahankan posisi gigi yang baru. Pembentukan tulang dan jaringan lunak pada posisi baru ini bisa memakan waktu hingga 2 tahun. Ortodontis mungkin merekomendasikan penahan gigi dipakai penuh selama 6 bulan sampai satu tahun lalu kemudian setelahnya hanya pada malam hari selama satu tahun. Ortodontis akan terus mengevaluasi kebutuhan untuk menggunakan penahan ini dari waktu ke waktu.

Ada beberapa studi yang ortodontis lakukan ketika mereka mengevaluasi kondisi mulut Anda dan menentukan batasan pengobatan terbaik yang akan menjawab kebutuhan Anda. Mereka harus mengenali karakteristik dari setiap maloklusi atau cacat. Mereka akan menyelesaikan sejarah medis dan gigi, melakukan pemeriksaan klinis dan x-ray yang akan mengungkapkan posisi gigi sekarang dan mereka siap untuk menjawab. Ortodontis juga akan melakukan x-ray wajah untuk menentukan pertumbuhan dan bentuk pelat wajah dalam hubungannya dengan gigi. Terakhir mereka akan melakukan cetakan plastik mengikuti mulut dan gigitan.

Berdasarkan informasi yang mereka sudah kumpulkan, maka ortodontis akan membuat keputusan ortodonti tentang kawat, ekspander atau penahan gigi. Pada crowded teeth yang tergolong berat mungkin akan perlu mencabut satu atau dua gigi untuk memberi ruang untuk sisa gigi yang ada. Biasanya ini adalah gigi premolar di bagian belakang mulut.

Ortodontis merupakan anggota tim yang penting bagi kesehatan posisi gigi serta pertumbuhan wajah. Ortodonti akan meningkatkan perawatan masalah untuk setiap masalah serta mencegah masalah lebih lanjut terjadi pada harga diri, kesehatan gigi yang buruk, dan penyakit gusi ketika orang tumbuh dewasa.

Macam – macam alat Ortodonti

    1. Breket / Behel :
      • Metal fixed appliance : 3M, American Orthodontic
      • Clear fixed appliance : 3M, Ormco, American Orthodontic
      • Self ligating : Damon

                    2.  Invisalign ( invisible braces)

Invisalign adalah alat untuk merapikan gigi dengan tehnik baru dan tidak terlihat. Proses perawatan ortodonti dengan Invisalign yaitu dengan pemakaian serangkaian alat plastik transparan untuk merapikan gigi. Sistem perawatan ini cocok untuk orang dewasa yang tidak ingin terlihat memakai breket. Alat invisalign ini bisa dilepas dan dipasang sendiri oleh pasien, sehingga pembersihan gigi dan makan tidak terganggu. Pada awal konsultasi ortodontis akan mengevaluasi apakah pasien cocok untuk mendapatkan perawatan dengan Invisalign, karena tidak semua kasus bisa dirawat dengan alat ini.

                    3.  Functional Appliance
Twin Block
– Bioator
– Forsus

Adalah alat ortodonti lepasan atau cekat yang cara bekerjanya menggunakan kekuatan otot-otot sekitar mulut dan wajah, dan juga jaringan periodontal penyangga gigi untuk merubah posisi gigi rahang atas dan bawah dan juga tulang rahang atas dan bawah.

Kasus yang biasanya dirawat dengan alat ini adalah kasus dengan tulang rahang bawah yang letaknya di belakang normal (posisi dagu di belakang daripada biasanya/normal) dan ingin diposisikan ke depan sehingga tulang rahang bawah mempunyai hubungan yang baik dengan tulang rahang atas.

Contoh alat ini adalah :

Twin Block Bionator I
Bionator II Forsus
  1. Alat ortodonti tambahan :
    • Removable expander
    • Fixed expander            : Quad Helix atau Rapid Palatal Expander
    • Face mask
    • Chin cap
    • Lip bumper
    • Lingual / palatal bar
    • Habit breaker
    • Miniscrew orthodontic (jeil)
    • Retainer :
      • Removable retainer : wraparound ; clear retainer
      • Fixed retainer
    Hyrax Rapid Palatel Expander Quad Helix  With Expander
    Lingual / palatal bar Lip Bumper
    Face Mask Removable Expansion
    Fixed retainer Removable Retainer : Wraparound Halley
    Removable Retainer : Clear Habit Breaker
    Chin Cap Miniscrew orthodontic (jeil)
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s