Kelainan Refraksi

MIOPIA

Miopia / rabun jauh adalah suatu keadaan mata yang mempunyai kekuatan pembiasan sinar yang berlebihan sehingga sinar sejajar yang dating dibiaskan di depan retina. Miopia dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu myopia axial, miopia kurvatura, miopia indeks refraksi dan perubahan posisi lensa.

Gejala terpenting yang timbul ialah buram saat melihat jauh, sakit kepala dan cenderung menjadi juling saat melihat jauh. Pasien akan lebih jelas melihat dalam posisi yang lebih dekat. Penatalaksanaan pasien dengan myopia adalah dengan memberikan koreksi sferis negative terkecil yang memberikan ketajaman pengelihatan maksimal.

 

HIPERMETROPIA

Mata hipermetropia / rabun dekat mempunyai kekuatan refraksi yang lemah, sinar sejajar yang dating dari obyek terletak jauh tak terhingga dibiaskan dibelakang retina. Berdasarkan struktur bola mata dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu : hipermetropia axial, hipermetropia kurvatura, hipermetropia indeks refraksi dan perubahan posisi lensa.

Berdasarkan akomodasi hipermetropia dibedakan secara klinis menjadi : Hipermetropia manifest, hipermetropia manifest absolute, hipermetropia manifest fakultatif, hipermetropia laten dan hipermetropia total.

Hipermetropia dapat dikenali dengan beberapa gejala sebagai berikut :

  1. Biasanya pasien pada usia tua mengeluh pengelihatan jauh kabur.
  2. Pengelihatan dekat lebih cepat buram. Akan lebih terasa pada keadaan kelelahan atau penerangan yang kurang.
  3. Sakit kepala pada daerah frontal dan dipacu oleh kegiatan melihat dekat dalam jangka panjang. Jarang terjadi di pagi hari, cenderung terjadi setelah siang hari dan membaik spontan bila kegiatan melihat dekat dihentikan.
  4. Eyestrain / ketegangan pada mata
  5. Sensitif terhadap cahaya
  6. Spasme akomodasi, yaitu terjadinya cramp . ciliaris diikuti pengelihatan buram intermiten.

Hipermetropia dikoreksi penuh apabila disertai esophoria, apabila disertai strabismus konvergen dikoreksi total. Sebaliknya apabila disertai exoporia diberikan under koreksi.

 

ASTIGMATISMA

Astigmatisma adalah keadaan dimana sinar sejajar tidak dibiaskan secara seimbang pada seluruh meridian. Pada Astigmatisma regular terdapat dua meridian utama yang terletak saling tegak lurus. Gelaja astigmatisma biasanya dikenali dengan pengelihatan yang kabur, head tilting, menengok untuk melihat lebih jelas, mempersempit palpebra dan mendekati objek untuk melihat lebih jelas. Penatalaksanaan astigmatisma dilakukan dengan lensa cylinder bersama dengan sferis.

KELAINAN REFRAKSI PADA ANAK

Kelainan Refraksi pada anak yang berat perlu dikoreksi agar tidak mengganggu proses perkembangan pengelihatan yang normal karena keterlambatan koreksi akan menimbulkan cacat pengelihatan yang serius dan bahkan menimbulkan kebutaan.Akan tetapi tidak semua kelainan refraksi / ametropi pada anak perlu dikoreksi. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan koreksi terbaik untuk kelainan refraksi pada anak dengan memperhatikan jenis dan derajat ametropia, umur anak dan potensi terjadinya ambliopia.

Gejala dan tanda tergantung dari jenis kelainan refraksi ( lihat gejala myopia, hipermetropia & astigmatisma), derajat kelainan refraksi dan umur penderita. Pada hipermetropia dapat berupa gajala mengerutkan muka, melirik, hiperaktif, sakit di mata, tidak senang membaca buku dan sakit kepala bila lelah. Pada myopia tinggi anak harus melihat dengan jarak yang sangat dekat atau mengeluhkan pengelihatan buram apabila anak sudah dapat berkomunikasi.

Pemeriksaan gejala & tanda kelainan refraksi dapat dilakukan pada anak usia < 2thn, pra sekolah dan usia sekolah. Segera periksakan mata anak bila ditemukan gejala seperti disebutkan diatas.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s