Cara Mengobati Insomnia

Cara Mengobati InsomniaKebiasaan tidur yang buruk dapat membuat Anda sulit tidur/insomia di malam hari dan tidak fit di siang hari. Stress, kecemasan, kafein, alkohol, dan menonton TV di tempat tidur adalah penyebab utama mengapa orang sulit tidur. Untuk menciptakan pola tidur yang baik, lakukanlah Cara Mengobati Insomnia berikut:

  • Cara Mengobati Insomnia dengan menciptakan aktivitas rutin yang menenangkan sebelum tidur. Buat tubuh dan pikiran Anda santai melalui shalat, meditasi, mendengarkan musik lembut dan semacamnya.
  • Cara Mengobati Insomnia dengan Minum segelas susu hangat 15 menit sebelum tidur. Susu mengandung kalsium yang berperan menenangkan syaraf-syaraf.
  • Cara Mengobati Insomnia dengan menhindari olahraga atau beraktivitas yang menguras energi pada jam-jam menjelang tidur. Meskipun olah raga dapat mengurangi stres, ia juga meningkatkan suhu tubuh yang membuat kita sulit tidur.
  • Cara Mengobati Insomnia dengan menhindari kafein (kopi, teh, cokelat), alkohol dan makanan/minuman bergula. Survey dari National Sleep Foundation (AS) menemukan bahwa 47 persen orang dengan masalah tidur kemungkinan telah mengkonsumsi minuman berkafein untuk mengurangi ngantuk di siang hari, tetapi stimulan itu berperan menyebabkan kesulitan tidur.
  • Cara Mengobati Insomnia dengan Mandi dengan air hangat sebelum tidur untuk membantu tubuh menjadi rileks.
  • Cara Mengobati Insomnia dengan meminta pasangan Anda atau orang lain untuk memijat badan sebelum tidur. Pijatan di seluruh tubuh atau bahkan hanya di punggung dan kepala sangat membantu melemaskan otot-otot dan menenangkan pikiran.
  • Cara Mengobati Insomnia dengan menciptakan suasana tenang, nyaman, dan menenangkan di ruang tidur Anda.
  • Cara Mengobati Insomnia dengan menjaga jadwal tidur yang teratur, bahkan di akhir pekan.
  • Cara Mengobati Insomnia dengan menggunakan kamar tidur Anda hanya untuk tidur, jauhkan TV, komputer, berkas pekerjaan ke tempat lain. Pikiran Anda harus dibentuk bahwa kamar tidur adalah ruangan semata-mata untuk tidur.

Bila Anda memiliki kesulitan tidur yang parah dan Cara Mengobati Insomnia tidak lagi ampuh, konsultasikan dengan dokter. Insomnia berat dapat merupakan gejala kelainan fisik yang memerlukan penanganan medis.

source

Categories: Tips Kesehatan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s